10 Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot – Seiring dengan teknologi saat ini maka tidak heran jika kita tidak bisa lepas dari alat elektronik seperti laptop. Akan tetatapi seiring perkembangan jaman maka berkembang pula teknologi dari bidang hardware maupun software. Oleh karena itu kita harus mampu menyiasati bagaimana supaya laptop kita selalu pada performa yang prima sehingga kinerjanya menjadi cepat dan tidak lambat alias lemot.

Dengan laptop yang kinerjanya cepat maka sekali keuntungan yang akan diperoleh. Seperti akan mempercepat kegiatan administrasi yang saat ini sangat bergantung sekali pada perangkat komputer. Tak hanya itu kegiatan hiburan seperti bermain game maupun nonton movie juga akan menjadi lebih menyenangkan. Oleh karenya diperlukan trik khusu untuk memaksimalkan kinerja laptop kita sehingga performa yang kita butuhkan untuk aktivitas sehari-hari tetap mudah dijalankan.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

10 Cara Agar Laptop Tidak Lemot

1. Hapus gadget yang kurang penting pada dekstop

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengahapus gadget yang dirasa kurang pentingyang berada pada tampilan destkop. Dengan menghapus gadget tersebut otomatis akan mempercepat kinerja komputer ketika awal membuka laptop anda karena tidak perlu meloading aplikasi gadget tersebut.

2. Perbesar kapasitas Harddisk dan RAM

Untuk cara kedua adalah dengan menambah kapsitas RAM maupun hardisk dengan ram yang besar maka kinerja dari prosessor juga akan terbantu. Dengan begitu maka performa dari laptop anda sudah pasti meningkat dengan cepat.

3. Install Antivirus

Berikutnya instalah sebuah anti virus. Dengan adanya anti virus ini maka virus-virus yang kinerjanya menambah file tidak bisa masuk sehingga kondisi software anda tetap dalam keadaan baik sehingga performa tetap dalam keadaan prima.

4. Hapus file-file sementara pada Recycle Bin

Hapuslah file-file yang masih nyantol pada recycle bin. Jika dibiarkan nyantol otomatis akan memperlambat kinerja dari laptop anda. Karena pada dasarnya recycle bin meminta bagian penyimanan pada partisi hardisk laptop anda. Untuk memnghapusnya anda cukup masuk ke folder Recycle Bin yang berada didestkop lalu klik Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

5. Uninstall program atau aplikasi yang tidak penting

Cara berikutnya dengan menghapus aplikasi yang kurang penting. Karena semakin banyak aplikasi yang anda instal maka akan memakan memori penyimpanan dan ram. Tak hanya itu kinerja prosessor juga akan makin terbebani dengan banyak aplikasi tersebut. Oleh karenanya anda harus menguninstall aplikasi yang tidak penting di laptop anda. cara cukup mudah yaitu dengan Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting

6. Minimalkan program yang berjalan pada Startup

Untuk berikutnya kita harus meminimalis semua aplikasi yang berjalan pada startup. Yang artinya aplikasi yang tercentang pada startup ini akan selalu dihidupkan ketika anda menghidupkan komputer. Namun jika kita mengurangi aktivitas startup dengan menonaktifkan aplikasi yang diangap kurang penting maka  laptop anda menjadi tidak lemot lagi. Caranya juga cukup mudah dengan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.

7. Custom Virtual Memory

Cara berikut ini adalah dengan memperbesar virtual memory. Dengan memperbesar virtual memori pada laptop anda otomatis kinerja ldari laptop meningkat dan seolah-olah anda sedang memili ram yang besar. Untuk melakukan custom virtual memori ini hal yang dibutuhkna free space pada sistem c yang cukup besar. Cara adalah

masuk ke Control Panel > System and Security > System atau menekan tombol Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings.

Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.

perfomance

perfomance

Pindahkan lagi ke tab Advanced, kemudian pilih Change pada menu Virtual memory.

Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pilih Custom size dan tentukan berapa besar jumlah memory virtual yang anda inginkan. Untuk maximum size isikan 2X Initial size. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK lalu akan restart untuk melihat hasilnya.

8. Gunakan Disk Cleanup

Tool berfungsi untuk menghapus file-file sementara yang sudah tidak berguna pada drive anda. Jadi kita bisa memanfaatkannya untuk mempercepat kinerja laptop kita  dengan cara klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.

9. Gunakan Disk Defragmenter

Fragmentasi data yang acak membuat drive laptop anda akan  bekerja lebih keras, tentu hal ini membuat performa laptop menjadi lemot. Oleh karena itu, dianjurkan untuk penataan ulang dengan  Disk Defragmenter. Caranya adalah dengan klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

 10. Meminimalisir pemakaian efek visual

Semakin banyak jumlah efek visual yang dipakai, maka tampilan akan semakin bagus namun perlu diketahui tampilan bagus juga membutuhkan kinerja ram maupun prosessor yang cukup besar pula dan hal ini juga akan menjadikan laptop menjadi lemot.

Oleh karenaya anda harus menggurangi bebrapa fitur agar laptop anda menjadi lebih cepat dan tidak lemot. Dan untuk mensetting efek visual pada dekstop, bisa dilakukan  dengan cara sebagai berikut :

Masuk ke Control Panel > System and Security > System, kemudian pilih Advanced system settings yang berada di pojok atas kiri jendela System.

Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.

Pada tab Visual Effect, silakan pilih custom dan uncheck efek visual yang diangap tidak perlu. Anda juga bisa melihat settingan efek visual yang saya pakai yang ada pada gambar berikut ini. jika ingin kembali kesettingan awal lakukan ke default.

efek visual

Note :

  • Pilih Let Windows choose what’s best for my computer, bila ingin windows sendiri yang mensetting efek visual yang dipakai.
  • Pilih Adjust for best appearance, bila ingin laptop anda berada pada tampilan yang paling baik. Tapi akan menjadikan laptop menjadi lemot.
  • Pilih Adjust for best performance, bila ingin komputer anda dalam kinerja yang paling baik. Tapi siap-siap kalau tampila makin jelek dan opsi ini amat cocok sekali untuk gaming.

situs hp android terbaru